Minggu, 13 Desember 2015

Enzim Protease

Enzim Protease

Protease atau disebut juga peptidase merupakan enzim golongan hidrolase yang memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana (asam amino). Enzim ini bersifat esensial diperlukan makhluk hidup dalam metabolisme protein. Selain itu Enzim ini memiliki fungsi dalam tubuh sebagai membantu pencernaan protein dalam makanan, menggunakan kembali protein-protein intraseluler, koagulasi sel darah dan aktivasi berbagai jenis protein, enzim dan hormon.
Sekarang ini, Enzim Protease banyak digunakan dalam bidang  industri. Terutama dalam industri peternakan dan pangan seperti pembuatan keju, penjernih bir, pengemukan daging dan pembuatan roti. Penghasil Enzim Protease didapatkan dari mikroorganisme, hewan dan tanaman.
Tumbuhan yang biasanya terdapat enzim tersebut adalah pepaya (papain), nanas(bromelain) dan getah tanaman biduri, karatinase. Protease jenis ini biasanya digunakan dalam pengemukan tekstur. Sedangkan pada hewan terdapat enzim tripsin, kimotripsin, pipsin, dan renin. Renin dalam industri dapat diaplikasikan sebagai pembuatan keju dan mengkoagulasikan protein susu. Pada mikroorganisme  seperti Lactobacillus Acidophilus, Aspergillus oryzae dan bacillus megaterium. Lactobacillus Acidophilus dapat digunakan sebagai fermentasi susu.
Berikut ini metode dalam pembuatan ekstrak enzim Protease dari tanaman dan Mikroorganisme
1.      Bacillus Megaterium
Bacillus Megaterium digunakan untuk penyamakan kulit supaya ramah lingkungan dimana saat pemayakan kulit sangat mengganggu lingkungan.


Metode : a. Proses fermentasi untuk produksi enzim
               b. Membutuhkan bakteri bacillus megaterium secara optimal dalam medium molase-urea didalam fermentor yang telah dilengkapi dengan agiator dan aerasi dengan suhu 37 C
              c. Enzim dipanen (down stream process) dengan cara memisahkan media yang mengandung enzim dari sel kemudian proses dan  dilakukan pemurnian produk. Pemurniaan tersebut digunakan untuk menghindari kerusakan produk
             d. melakukan penyaringan menggunkan membran (mikrofilter dengan prositas 0,5 mikron)

2.      Tanaman Biduri
Biduri (Calotropis gigantea) merupakan tanaman bergetah, dari seluruh bagian tanaman ini akan mengalir getah pada tempat yang dilukai atau dipotong. Getahnya berwarna putih, kental dan agak lengket. Tamanan Biduri memiliki aktivitas proteolitik pada getah tersebut.

Metode :
a.       Jaringan tanaman biduri muda dihancurkan sampai halus
b.      Dicampur dengan buffer fosfat Ph 7
c.       Diaduk dengan magnetik stirrer selama 5 menit
d.      Dibirakan dalam suhu rendah 4 C selama 30 menit setelah itu endapan dibuang
e.       Filtrat ditambahkan ammonium sulfat kejenuhan 50%.


3.      Enzim Bromelin
Enzim Bromelin didapatkan dari ekstrak tanaman nanas baik dari batang, kulit, tangkai dan buah.  Bromelin banyak digunakan dalam industri pangan maupun non pangan seperti pengemukan daging, daging kalengan dan minuman bir.

Metode :
a.       Batang nanas yang telah dihaluskan dengan homogenizer diambil filtratnya
b.      Kemudian ditambahkan dengan bufer fosfat 0,1 M  pH 7
c.       Memisahkan bagian-bagian yang tidak larut dalam filtrat disentrifuga dengan kecepatan 3500 rpm selama 15 menit pada suhu 4 0 C.
d.      Didapatkan filtrat  yang mengandung ekstrak kasar enzim bromelin.

Daftar Pustaka

Herdyastuti, N. 2006. Isolasi dan Karakteristik Ekstrak Kasar enzim Bromelin dari Batang Nanas (Ananas comusus L.merr). Berk. Penelitian Hayati. 12. (75-77)
Susanti, S. P. 2005. Karakteristik Enzim Protease dari Getah Tanaman Biduri (Calotropis gigantea) hasil ekstraksi menggunakan Amonium Sulfat. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember. Skripsi.

1 komentar:

  1. Hallo mau tanya. enzim pektinase apa kah untuk menghilangan endapan pada jus buah. yang telah extract sarinya. dan berapa jumlah pengunaanya dalam 1.000ml sari buah. thank you

    BalasHapus