Rabu, 04 Desember 2013

KANDUNGAN LEMAK KUNING TELUR



TUGAS BIONUT 4 DES 2013

KANDUNGAN LEMAK DALAM KUNING TELUR

Hampir semua lemak di dalam telur terdapat pada kuning telur, yaitu mencapai 32 % (Muharlien, 2010). Adapun kandungan lemak dalam kuning telur adalah sebagai berikut:
 
1. Low Density Lipid  (LDL)

LDL dalam lemak berfungsi sebagai pelarut karotenoid dan sumber pigmen asal xantofil. Hal ini sesuai dengan pendapat Sahara (2011) bahwa sumber pigmen asal xantofil dan karotenoid merupakan pigmen yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan dalam karkas, telur dan produk-produk telur. LDL adalah suatu emulsifier, yang dapat dipecahkan dengan berbagai cara yaitu pemanasan, penambahan elektrolit, pengadukan mekanis, dan sentrifugasi dengan kecepatan tinggi.
 
2. Lipoprotein dan lechitin

Permatasari (2013) menyatakan bahwa fungsi kuning telur ayam terletak pada kandungan lipoprotein dan lecithinnya yang dapat bekerja mempertahankan dan melindungi integritas selubung lipoprotein dari sel sperma terutama selama proses pembekuan dan pencairan kembali.

Sumber:
Muharlien. 2010. Meningkatkan Kualitas Telur Melalui Penambahan The Hijau Dalam Pakan Ayam Petelur. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak Vol.5 No.1: 32-37

Permatasari, W.D., E.T. Setiatin, dan D.Samsudewa. 2013. Studi Tentang Pengenceran Telur Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Semen Beku Sapi Jawa Brebes. Animal Agriculture Journal Vol.2 No.1: 143-151

Sahara, E. 2011. Penggunaan Kepala Udang Sebagai Sumber Pigmen Dan Kitin Dalam Pakan Ternak. Agrinak Vol.01 No.1: 31-35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar